Lagi, buku berkualitas karya James Reston jr. Buku ini berjudul Warriors of God. Dari judulnya kita bisa menyimpulkan bahwa isinya adalah tentang perang. Benar, buku ini memang menceritakan tentang perang yang sangat luar biasa, dan berlangsung selama hampir 5 abad, yaitu Perang Salib. Akan tetapi, buku ini hanya menceritakan salah satu periode perang tersebut, yang sering disebut Perang Salib III.
Buku ini menceritakan tentang dua tokoh paling berpengaruh saat itu, yaitu Sultan Shalahudin al-Ayyubi dari Turki, dan Richard the Lionheart, Raja Inggris. Kita dapat belajar sifat-sifat kepahlawanan dari dua tokoh besar tersebut, yang pada suatu ketika mengalami tekanan-tekanan batin yang luar biasa. 
Sultan Shalahudin, atau yang lebih dikenal sebagai Saladin, berhasil menguasai Yerusalem pada periode ini. Ketika berada di dalam kekuasaan Turki Ottoman, Yerusalem mencapai masa yang gemilang. Muslim, Nasrani dan Yahudi bebas beribadah tanpa ada gangguan. Satu hal yang harus kita contoh, yaitu rasa saling tenggang rasa.
Buku ini sangat menarik, karena tentu saja sejarah adalah suatu hal yang paling menarik, dan akhirnya, selamat membaca

0 komentar:

Posting Komentar